31 Jul 2018

3 Tips Negosiasi Bisnis Ivanka Trump

Ivanka Trump yang kita ketahui adalah putri dari milioner properti, Donald Trup. Ivanka yang menjabat sebagai Executive Vice President of Development and Acquisitions dari Trump Organization, sering dihadapkan pada kondisini dimana kita harus menjalankan negosiasi bisnis. Dalam negosiasi ini, kita tidak bisa egois dan mempertimbangkan pendapat dari rekan bisnis. Biasanya, kaum laki-laki punya peran dalam negosiasi bisnis, tapi Ivanka Trump bisa sukses dalam menjalankan negosiasi bisnis. Meskipun sudah punya dua anak dan menjadi seorang eksekutif wanita, ia menangani bisnisnya secara mandiri tanpa nama besar sang ayah. Sepanjang masa karir Ivanka, ia tercatat memiliki beberapa prestasi penting, seperti ia berhasil meyakinkan para petinggi dan pemangku kepentingan untuk merenovasi sebuah kantor pos tua yang mempunyai sejarah besar. Selain itu ia juga pernah berhasil meloloskan tender akuisisi perusahaan Doral Resort and Spa.

Melihat pengalamannya tersebut, sikap tenang, persiapan matang dan rasa cinta terhadap pekerjaan adalah kunci utama yang harus dimiliki seseorang ketika ia ingin sukses dalam melakukan negosiasi bisnis. Lalu, hal apa saja yang bisa menjadi panduan sobat DSC yang seorang wirausaha ketika menghadapi sebuah negosiasi bisnis? Simak tipsnya:

1. Fokus Pada Tujuan

Bekal yang harus tertanam kuat dalam benak kita adalah tujuan yang ingin kita capai. Tujuan tersebut harus sudah tersusun rapi jauh sebelumnegosiasi dijalankan. Lalu, pertahankan tujuan sekuat tenaga dalam kondisi apapun. Dalam beberapa kondisi, banyak wirausaha yang tidak mampu mempertahankan tujuan tersebut karena tujuan awal yang mereka bawa tidak tersampaikan dengan baik.

2. Persiapkan Berbagai Kemungkinan

Mengapa Ivanka Trump selalu sukses dalam melakukan negosiasi bisnis? Jawabannya adalah ia selalu menyiapkan berbagai kemungkinan yang akan timbul sepanjang negosiasi berlangsung. Sebelum memulai negosiasi, kita bisa memikirkan kembalik berbagai kemungkinan yang bisa saja muncul. Dengan begitu, kita tidak akan merasa gugup dan bisa tetap mempertahankan argumen dan tujuan bisnis dengan baik.

3. Sedikit Bicara, Banyak Mendengar

Salah satu hal yang Ivanka pelajari adalah kebanyakan dari negosiator bisnis tidak terlalu banyak mengeluarkan kata-kata melainkan fokus untuk mendengarkan lawan bicara. Hal ini yang selalu diterapkan oleh Ivanka selama masa negoasiasi yang ia alami. Mendengarkan rekan bisnis, kita bisa mengetahui alur pemikiran mereka. Kita bisa lebih mudah untuk mengarahkan agar negosiasi bisnis bisa berakhir lebih menguntungkan bagi pihak kita.

Itulah tiga kiat utama dari Ivanka Trump yang berhasil menjadi seorang negosiator bisnis. Kita bisa mengambil tips yang tepat dan mengkombinasikan dengan strategi bisnis yang sudah sobat jalankan.