25 Jan 2019

4 Kunci Sukses di Tengah Perubahan Iklim Bisnis Menuju Era Digital

Perkembangan teknologi digital yang cepat dan masif menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis. Tak sedikit bisnis yang nasibnya menjadi “berdarah-darah” karena perubahan yang terjadi.

Meski begitu, banyak juga pebisnis yang usahanya ikut meroket seiring berkembangnya teknologi digital. Kunci untuk mendapatkan kesuksesan tersebut ialah kemampuan beradaptasi.

Bagi Sobat yang tengah mengembangkan usaha, sangat disarankan untuk segera merancang strategi digital yang tepat. Dan perlu diingat, dunia digital bukan hanya terbatas pada penggunaan media sosial untuk mempromosikan usaha kamu, namun lebih dari itu.

Untuk selengkapnya, Sobat bisa simak tips sukses bisnis di era di digital yang sudah dirangkum di bawah ini.

1. Memahami “cara main

Ibarat kata Sobat perlu mengetahui dasar-dasar tentang dunia digital tersebut lebih dahulu. Misalnya, kegunaan berbagai platform media sosial yang ada saat ini.

Contohnya, Instagram cocoknya dijadikan tempat untuk membangun citra brand, kemudian Twitter berguna menjalin komunikasi dua arah dengan konsumen, atau website yang bisa diibaratkan “rumah” untuk brand.

Setelah itu, Sobat juga bisa mempelajari macam-macam teknologi yang tengah berkembang, misalnya cloud computing atau artificial intelligence. Dengan pemahaman seputar konsepnya, besar kemungkinan Sobat sudah bisa melihat peluang yang bisa diaplikasikan pada bisnis milik Sobat.

2. Merancang strategi yang tepat

Ada banyak yang bisa dilakukan di dunia digital untuk bisnis Sobat. Mulai dari sebatas meningkatkan citra, mengumpulkan data konsumen potensial, hingga mengangkat angka penjualan.

Dalam menentukan tujuannya, Sobat perlu berkaca pada kondisi bisnis yang dimiliki saat ini. Apakah nama brand Sobat sudah cukup dikenal? Jika belum, mungkin strategi meningkatkan kesadaran merek ke calon pelanggan yang lebih luas adalah pilihan tepat.

Atau malah bisnis yang Sobat miliki sudah pada level siap berinovasi dengan mengadopsi teknologi-teknologi canggih? Semua itu sobat yang tahu.

3. Cermat belanja digital

Menerapkan strategi bisnis di dunia digital bisa jadi sangat terjangkau. Namun, di lain sisi bisa juga menguras kantong.

Katakanlah pada saat kita hendak beriklan di sebuah platform. Sobat yang mau mengiklankan bisnisnya perlu pintar-pintar mengatur budget untuk hasil yang maksimal.

Contoh lain adalah ketika hendak membeli aset digital, misalnya kapasitas hosting website. Perhitungkan kisaran jumlah pengunjung website dan seberapa besar file yang akan disimpan di sana. Biar tak buang-buang anggaran.

4. Strategi digital perlu waktu

Walaupun era digital menawarkan kecepatan banyak hal, namun Sobat perlu bersabar untuk hal yang satu ini. Membangun brand di ranah dunia maya butuh kesabaran. Follower jutaan tidak datang begitu saja tanpa adanya strategi yang baik.

5. Lihat peluang kolaborasi

Pada dasarnya kehadiran teknologi digital meruntuhkan batasan-batasan yang dulunya menghambat proses bisnis, misalnya kendala jarak atau waktu. Namun kini teknologi digital membuat banyak pebisnis bisa melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperluas usahanya.

Itu dia beberapa kunci sukses dalam transformasi iklim usaha ke era digital sekarang. Intinya Sobat perlu melakukan adaptasi secepatnya dengan menerapkan strategi yang tepat untuk bisnisnya.