27 May 2019

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Jadi Sampingan

Kalau mendengar kata bisnis rumahan maka setiap orang bisa punya pemahaman masing-masing. Sebagian ada yang mengganggapnya sebagai usaha sampingan. Sisanya bisa saja berpikir usaha dengan modal yang relatif kecil.

Terlepas dari apa pun pengertiannya, bisnis rumahan memang menarik untuk dijalani. Sekali pun oleh mereka yang sudah memiliki pemasukan tetap dari statusnya sebagai karyawan.

Usaha sampingan bisa dilakukan sebatas sebagai pemasukan tambahan. Atau bahkan menyalurkan minat terhadap wirausaha atau entrepreneurship. Siapa tahu suatu saat bisnis rumahan tersebut bervolusi ke skala yang lebih besar dan siap menjadi sumber pemasukan utama.

Bagi Sobat yang tertarik menjalani bisnis rumahan, ada banyak jenis usaha yang bisa dijalani. Terlebih dengan semakin canggihnya internet yang bisa dijadikan media penghubung antara penjual dan konsumennya. Lantas, sektor bisnis apa saja sih yang bisa dijalani di rumah?

1. Bisnis internet marketing

Internet bukan sebatas sumber informasi dan hiburan. Ada banyak potensi yang bisa dimanfaatkan guna mendapatkan keuntungan finansial, salah satunya dengan mendalami bidang internet marketing. Menariknya, bisnis ini bisa dilakukan tanpa modal.

Pada dasarnya dalam menjalankan bisnis internet marketing maka seseorang menawarkan jasa memasarkan produk milik klien melalui dunia maya. Tantangannya adalah Sobat mesti selalu update dengan perkembangan platform yang akan digunakan dan mengasah kemampuan membuat strategi.

2. Kuliner

Ide bisnis rumahan selanjutnya adalah berjualan makanan. Sobat bisa memulainya dengan menawarkan jajanan-jajanan yang lagi ngetren belakang. Misalnya, bisnis sate thaican, ayam geprek, atau sebatas thai tea. Atau kalau Sobat memiliki kepercayaan diri untuk menawarkan menu yang lebih khas maka tak ada salahnya dicoba.

3. Laundry dan cuci sepatu

Gaya hidup masyarakat di kota-kota besar yang selalu menginginkan kepraktisan membuat usaha laundry tak pernah sepi peminat. Di banyak penjuru kota kita bisa menemui kios-kios laundry yang menerima layanan cuci baju hingga sprei atau gorden. Sobat juga bisa melakukannya lho.

Ide bisnis lain yang masih serupa dengan laundry adalah layanan cuci sepatu. Tinggal dipilih antara keduanya yang memiliki peluang lebih besar dengan kondisi Sobat.

4. Toko kelontong

Meski kini sudah banyak toko modern yang menjual barang kebutuhan sehari-hari, namun toko kelotong masih bisa dilirik sebagai jenis usaha rumah dengan modal kecil yang menguntungkan.

Terlebih lagi jika tempat tinggal Sobat berada di dalam sebuah perumahan. Hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri karena posisinya lebih dekat dengan para calon pembeli. Dibanding dengan toko modern yang biasanya hanya berada di tepi jalan-jalan besar.

5. Bisnis desain

Ide bisnis rumahan selanjutnya adalah membuka layanan desain. Bukan hanya brand besar yang membutuhkan desain untuk material promosi atau semacamnya. Melainkan juga dengan organisasi-organisasi yang ada di sekitar tempat tinggal Sobat.

Organisasi seperti sekolah, lembaga pemerintahan, atau usaha kecil menengah mungkin tidak bisa membayar biaya yang dipatok oleh agensi. Maka itu mereka membutuhkan layanan dengan harga yang lebih terjangkau. Oleh karena itu Sobat bisa memanfaatkan ceruk pasar ini demi mendapatkan pemasukan sampingan.

Sekarang Sobat sudah tahu mau bisnis apa di rumah? Jika memang modalnya tidak terlalu besar atau bahkan bisa dilakukan tanpa modal maka tak ada salahnya untuk dicoba.

Ada masalah atau pertanyaan tentang proposal DSC | X?
HOTLINE DSC | X