26 Apr 2019

5 Keahlian Dasar yang Mesti Dimiliki Pemimpin Bisnis

Ketika membangun sebuah bisnis maka Sobat akan dihadapkan pada kondisi memimpin sebuah tim di dalamnya. Mau tak mau, kondisi tersebut menuntut Sobat memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni. Leadership sangat dibutuhkan dalam dunia entrepreneurship.

Sebagian orang terlahir dengan naluri kepemimpinan yang alami. Namun, bukan berarti hal itu tak bisa dipelajari oleh mereka yang awam.

Jika Sobat merasa termasuk kategori yang kedua, maka tips kepemimpinan di bawah ini yang perlu kamu pelajari.

Berani mengambil keputusan

Mengambil keputusan dapat dikatakan sebagai tugas utama seorang pemimpin. Sejujurnya hal ini memang bukan tugas mudah. Namun, Sobat bisa mulai dengan mengetahui prosesnya.

Sebuah keputusan sudah sepatutnya berangkat dari analisa terhadap data. Dari situ Sobat bisa mempertimbangkan opsi yang tersedia hingga akhirnya mengambil sebuah keputusan. Penting untuk diingat, hindari mengambil keputusan hanya berdasarkan asumsi belaka.

Memiliki visi

Seorang pemimpin bukan hanya berpikir untuk hari ini, malainkan punya pandangan jauh ke depan. Hal ini erat kaitannya dengan tanggung jawab Sobat merancang strategi bisnis.

Sejalan dengan hal itu, diperlukan juga sikap proaktif terhadap pergerakan industri. Melihat inovasi-inovasi yang ada di dalamnya dan memikirkan apa yang bisa dilakukan oleh perusahaan.

Menjadi sosok inspiratif

Setiap individu yang ada di dalam perusahaan bukan hanya membutuhkan keputusan yang sifatnya logis dari diri kamu. Melainkan, juga seorang panutan penuh inspirasi yang selalu menebarkan semangat positif.

Cara berkelas untuk memulainya ialah dengan menunjukkan sikap optimis dalam menghadapi pekerjaan.

Mengasah kempamuan negosiasi

Menduduki posisi strategis dalam suatu organisasi bisnis akan membawa Sobat ke banyak meja negosiasi. Kemampuan ini bakal lebih lengkap jika Sobat mampu melakukan upaya-upaya persuasif.

Jangan salah, hal ini bukan hanya berlaku ketika Sobat bertemu pihak-pihak luar yang mau bekerjasama. Namun skill negoisasi dan persuasi juga bermanfaat untuk menyelaraskan orang-orang yang ada di dalam perusahaan agar sejalan.

Semuanya memang tak ada yang instan. Namun jika Sobat tak mulai mempelajarinya sekarang, kapan lagi? Ayo pegang tongkat kepemimpinan dan raih suksesmu sekarang.

Ada masalah atau pertanyaan tentang proposal DSC | X?
HOTLINE DSC | X