26 Mar 2019

5 Kebiasaan untuk Menggapai Sukses dengan Memanfaatkan Peluang

Kesuksesan bukanlah suatu kebetulan. Bukan juga diturunkan begitu saja. Namun, harus dikejar dengan cara cerdik memanfaatkan peluang. Semua orang bisa melakukannya, termasuk Sobat.

Memanfaatkan peluang perlu dijadikan sebagai bagian strategi dalam menjalani bisnis. Untuk melatihanya, Sobat bisa mulai dengan mengaplikasikan kebiasaan-kebiasaan di bawah ini:

1. Peka terhadap lingkungan

Peluang tak bisa ditunggu, namun harus dicari. Untuk itu, Sobat dituntut agar lebih peka melihat lingkungan sekitar. Bisa dengan cara melakukan observasi terhadap proses yang dilakukan oleh orang-orang, lalu pikirkan hal apa yang sekiranya bisa mempermudah proses tersebut. Jangan salah, terkadang juga peluang “menyamar” sebagai sebuah rintangan.

2. Melakukan modifikasi

Sebuah produk atau layanan yang sudah ada bisa jadi belum sempurna. Sobat bisa menerapkan cara modifikasi terhadap suatu hal yang sudah eksis lebih dulu. Membuatnya lebih memiliki value, lebih keren, lebih cepat, lebih mudah digunakan, atau apapun yang sesuai dengan kemampuan Sobat.

3. Keseriusan

Selalu jalani setiap pekerjaan dengan serius, meskipun pekerjaan tersebut terasa membosankan atau kurang menarik. Hal ini berkaitan dengan sikap profesional dan penilaian orang lain terhadap diri kita.

Jika Sobat melakukan sebuah pekerjaan dengan serius, maka orang lain pun akan menaruh kepercayaan dan menganggap diri Sobat sebagai ahli dalam bidang tertentu. Tak menutup kemungkinan, hal ini mendatangkan tawaran-tawaran bisnis yang menguntungkan.

4. Memiliki sikap terbuka

Memiliki sikap terbuka artinya Sobat akan dengan senang hati membagikan pengetahuan kepada orang lain yang membutuhkan. Ceritakan mengenai proyek-proyek bisnis yang pernah Sobat jalani. Seseorang akan memiliki pandangan berbeda dalam arti positif terhadap individu yang mencintai pekerjaan dan mau membantu orang lain.

Lagi-lagi, hal ini akan membuat diri Sobat dikenal sebagai seseorang yang ahli dalam bidang tertentu. Kebiasaan ini juga membuat orang lain merasa lebih nyaman untuk menawarkan peluang.

5. Berani eksekusi

Saat peluang datang, maka jangan ragu untuk mengambilnya. Jadikan proses eksekusi sebagai tahapan dalam mengembangkan kemampuan yang selama ini sudah dimiliki. Lebih bagus lagi jika Sobat memberanikan diri mengambil peluang yang sebelumnya tak pernah dijalani. Hal ini akan menambah kaya pengalaman Sobat.

Jadi tunggu apa lagi? Inilah waktunya Sobat meraih sukses dengan memanfaatkan peluang yang ada!

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X