13 Feb 2019

6 Kesalahpahaman tentang Sukses yang Sobat Harus Ketahui

Terkadang tembok penghalang kesuksesan adalah diri kita sendiri dengan pemikiran yang keliru. Hal tersebut sangat disayangkan karena menahan keluarnya potensi-potensi yang dimiliki. Untuk menghindarinya, simak tujuh kesalahpahaman mengenai kesuksesan yang Sobat perlu tahu.

1. Telat memulai

Untuk mencapai kesuksesan memang dibutuhkan proses dan waktu. Maka, tak aneh bila banyak orang yang berpikir bahwa bisnis harus dimulai sedini mungkin. Hal ini memang lebih baik, namun tak ada kata telat untuk memulai sebuah usaha.

Kalau kita ingat, Colonel Sanders memulai bisnis ayam gorengnya saat memasuki usia enam puluh tahun.

2. Orang sukses selalu lembur

Melakukan pekerjaan berlama-lama, bahkan hingga lembur tidak menjamin kesuksesan di tangan tanpa dibarengi target dan strategi yang tepat.

Kalaupun kita melihat orang sukses betah berlama-lama mengerjakan suatu hal, itu dikarenakan ia mencintai apa yang dilakukan. Bukan sebatas tuntutan perusahaan.

3. Menganggap uang tak penting

Idealisme dalam menciptakan karya sangat dibutuhkan guna melahirkan sesuatu yang unik. Pemikiran seperti ini biasanya berkobar pada diri anak muda yang baru mulai menciptakan karya.

Terkadang, hal ini dibarengi pemikiran bahwa uang tak penting. Sayangnya hal ini keliru karena sejatinya uang adalah alat yang kita butuhkan untuk mencapai tujuan.

Dalam konteks berbisnis, uang merupakan salah satu modal untuk mengembangkan usaha. Akses terhadap modal bisa didapat dari beberapa sumber, misalnya kas pribadi, pinjaman modal usaha, atau sumbangan investor.

Modal tersebut bisa dimanfaatkan untuk membeli peralatan hingga biaya pemasaran.

4. Uang adalah segalanya

Bicara soal uang, penting bagi kita memiliki budget yang cukup untuk mewujudkan ide-ide. Namun, pada akhirnya uang bukan satu-satunya ukuran kesuksesan.

5. Bisa meraih sukses seorang diri

Ambisi meraih sukses dengan tangan sendiri bukan mustahil. Tapi kemungkinan besar Sobat akan membutuhkan peran orang lain untuk mencapai kesuksesan. Contoh paling sederhana, misalnya dukungan orang-orang terdekat atau keluarga.

Memiliki ambisi untuk sukses itu wajib. Membuka diri terhadap bantuan orang lain akan mempermudah kita mencapainya.

6. Sukses mustahil tanpa pendidikan formal

Memiliki pendidikan formal yang memadai menyediakan pilihan jalur untuk meraih kesuksesan. Namun, bukan berarti tanpanya sukses mustahil dicapai. Jangan lupakan fakta bahwa banyak entrepreneur sukses yang datang tanpa gelar pendidikan selangit.

Bagi mereka yang kurang beruntung, masih tersedia jalur-jalur alternatif untuk meraih suksesnya. Untuk itu yang diperlukan ialah intuisi melihat segala peluang.

Itu dia sejumlah kesalahpahaman mengenai sukses yang sering kita temui di tengah-tengah masyarakat. Setelah mengetahui kenyataannya, tak perlu lagi menunggu untuk menggapai suksesmu. Sudah siap untuk raih suksesmu?

 

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X