23 Apr 2019

Alumni UNDIP Sukses Ubah Plankton Menjadi Makanan Menyehatkan

Belum banyak yang tahu mikro alga atau plankton bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, Machmud Lutfi Huzain berhasil membuktikkannya lewat bisnis yang ia jalani dengan nama NeoAlgae Spirulina.

Melalui bisnisnya tersebut, pria asal Sukoharjo ini memproduksi Spirulina kering yang rupanya bermanfaat sebagai obat untuk penyakit-penyakit seperti sembelit atau wasir, maag, tekanan darah, gangguan hati, anemia, kegemukan, hingga kanker.

“Jadi Spirulina ini serbuk untuk diminum yang banyak mengandung nutrisi. Sebagian produksi juga kami buat untuk masker,” jelas Machmud dalam sebuah pemberitaan media online. Bukan cuma untuk diminum, namun Spirulina juga bisa dijadikan campuran adonan kue.

Dirinya menambahkan, Spirulina mengandung tiga jenis pigmen yang berguna mencegah kanker, yaitu xanthophylisn klorofil, phicocyanin, anti oksidan seperti vitamin C dan E, serta Selanium.

Machmud sukses melihat peluang untuk memulai bisnis NeoAlgae Spirulina berbekal pengetahuan yang ia dapat selama menempuh bangku kuliah di Universitas Diponegoro Jurusan Teknik Kimia.

Menurut catatan, pada 2017 Machmud bisa panen maksimal sebanyak 1.250 kg Spirulina kering dalam sebulan. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari hasil kolamnya yang berada di Klaten dan Sukoharjo.

Machmud terdorong untuk menjalani bisnis NeoAlgae Spirulina karena melihat budidaya mikro alga di Indonesia masih sangat minim. Padahal, Indonesia memiliki iklim cuaca tropis yang sangat mendukung. Menariknya lagi, rupanya budidaya mikro alga juga memberikan dampak positif bagi lingkungan.

"Mikro alga kualitasnya lebih bagus saat di negara tropis. Bahkan Mikro alga ini bisa mencegah global warning karena dapat menyerap CO2 (karbondioksida) enam ton per hektar per tahun dibanding hutan lebat yang hanya dua ton per hektar per tahun," sambung Machmud.

Namanya bisnis, tak akan pernah lepas dari tantangan. Pekerjaan rumah bagi NeoAlgae Spirulina ialah memperkenalkan Spirulina sebagai makanan bermafaat kepada masyarakat. Pasalnya, menurutnya kini belum banyak publik yang mengetahuinya.

Strategi yang ditempuh untuk memasarkan produk Spirulina kering ini ialah dengan memanfaatkan jaringan reseller atas latar belakangnya menggeluti bisnis MLM.

Begitulah cerita sukses Machmud. Lo sendiri siap raih sukses Lo?

 

Sumber: https://thehijau.com/machmud-lutfi-huzain-spirit-berbisnis-spirulina/

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X