23 Apr 2019

Banana Queen: Inovasi Kripik Pisang Bebas Gula Asal Yogya

Cemilan menjadi jenis makanan favorit banyak orang. Bisa dinikmati untuk sekedar mengisi waktu luang atau pengganjal rasa lapar. Namun, sayangnya tidak semua cemilan bagus untuk kesehatan tubuh. Hal ini menjadi salah satu faktor pendorong Ardhi Setyo Putranto untuk memulai bisnis Banana Queen.

Banana Queen hadir sebagai inovasi produk kripik pisang yang berasal dari pisang matang, organik tanpa tambahan pemanis. Hal ini berbeda dengan kebanyakan kripik pisang yang beredar di pasaran. Produsen kripik pisang lainnya cenderung memilih bahan baku pisang mentah karena lebih mudah diolah.

Namun, keputusan Ardhi untuk memilih pisang matang menjadikan produknya aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki diabetes.

Kesuksesan Ardhi tak berhenti sampai menciptakan produk yang unik dan bisa diterima pasar. Malainkan hingga memberdayakan ratusan petani lokal untuk terlibat.

Ardhi dipercaya oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengembangkan desa tertinggal di Gedangsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sampai saat Banan Queen telah memberdayakan 80-100 petani pisang sebagai pemasok di pabriknya. Pabriknya pun menyerap tenaga kerja yang merupakan masyarakat desa.

Untuk pemasarannya, Banana Queen membuka kesempatan bagi mereka yang ingin menjadi reseller. Kini konsumen di luar Yogyakarta bisa bisa mendapatkan produknya dengan mudah melalui toko online besar di Indonesia.

Ardhi sendiri memulai bisnis Banana Queen sejak 2011. Salah satu hal yang medorongnya karena risiko bisnis ini relatif kecil. Sejatinya, pisang yang ia gunakan sebagian besar hanya digunakan sebagai pakan ternak. Dari sinilah muncul ide bahwa sebenarnya madu pisang bila diolah dengan sentuhan teknologi hasilnya akan menjadi luar biasa.

Hingga kini pemuda kelahiran Jogyakarta, 1 September 1991 ini terus menunjukkan semangat entrepreneur dan inovasi yang tinggi. Bisnisnya terus berjalan atas nama PT Setya Putra Perkasa. Banana Queen bisa dinikmati konsumen dalam 5 varian, yaitu rasa original, rumput laut, cokelat, susu, dan barbeque.

Jangan cuma diam. Kalau kamu punya ide inovasi seperti Ardhi, ambil langkah mewujudkannya dan raih suksesmu sendiri!

Sumber: https://www.instagram.com/p/Bk-OabQADfw/ (@ardhisetyo)

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X