26 Mar 2019

Barang-barang Elektronik Retro yang Dijamin Bikin Sobat Bernostalgia

Perkembangan zaman memang begitu cepat. Perubahan paling nyata bisa dilihat dari barang-barang elektronik di sekitar kita. Setiap tahunnya selalu keluar produk baru yang siap menggantikan generasi sebelumnya.

Ada sebagian barang elektronik yang tetap eksis dengan “wajah” lebih canggih. Sebut saja kamera, komputer personal, atau bahkan televisi. Namun, ada juga barang yang sama sekali sudah tak terpakai.

Padahal, mungkin tak sedikit di antara Sobat yang memiliki ikatan emosional cukup besar dengan benda-benda ini. Kira-kira apa saja barang tersebut? Yuk, kita bernostalgia!

1. Walkman

Walkman seolah-olah menjadi teman wajib buat mereka yang mengaku penggemar musik. Walkman sendiri merupakan brand milik Sony untuk perangkat pemutar kaset yang bisa dibawa-bawa. Dengan benda ini kita bisa menikmati musik dari musisi favorit di mana saja; selama di perjalanan kereta atau sambil bersepeda.

2. Pager

Sebelum ponsel pintar menjadi sesuatu yang lumrah, pager atau beeper menjadi alat komunikasi nirkabel yang diandalkan banyak orang. Pager populer pada era 1980 – 1990-an dengan pengguna kebanyakan datang dari kalangan pebisnis. Fungsi alat komunikasi ini memungkinkan pengguna menerima pesan berupa teks atau audio yang dikirimkan oleh orang lain.

3. Boombox / Jambox

Jika Walkman hanya untuk menikmati musik seorang diri, maka Boombox sebaliknya. Boombox begitu melekat dengan komunitas hip hop atau breakdance karena bisa dipakai menyetel lagu dengan suara keras dan bagus kualitasnya. Boombox kerap menemani aktivitas kumpul komunitas hip hop atau breakdance yang menyalurkan hobinya.

4. Game Boy

Game Boy menjadi teman anak-anak remaja pada awal 1990-an yang hobi bermain game. Pada saat itu memang sudah ada perangkat permainan konsol, namun Game Boy tetap dilirik karena sifatnya yang portable alias bisa dibawa ke mana-mana. Nama Game Boy sendiri merupakan brand milik Nintendo.

5. Tustel

Sebenarnya istilah “tustel” merupakan serapan dari bahasa Belanda. Lebih tepatnya kata “fototoestel yang artinya alat untuk memotret alias kamera. Di masyarakat kita, tustel identik dengan kamera saku yang masih menggunakan film seluloid untuk merekam gambarnya. Sobat mungkin masih ingat ketika orang tua menggunakannya untuk mengabadikan momen liburan keluarga dulu.

6. Telepon umum

Telepon umum menjadi barang elektronik lain dari zaman dulu yang kini sudah jarang ditemui. Kalau pun ada, biasanya nasibnya sudah tak terurus lagi. Di Indonesia telepon umum mulai diperkenalkan pada tahun 1981. Keberadaannya sangat membantu masyarakat untuk berkomunikasi. Ada telepon umum yang menggunakan uang koin, ada pula yang memerlukan kartu telepon. Sayangnya, telepon umum kerap menjadi objek vandalisme dan keisengan remaja untuk menelpon secara gratis. Ayo ngaku, siapa yang dulu suka curang pasang benang di koinnya?

7. LaserDisc player

LaserDisc hadir sebagai perangkat pemutar multimedia pertama yang menggunakan pembaca optik. Tak lengkap rasanya jika ruang keluarga zaman dulu tak memiliki perangkat satu ini. Dengan LaserDisc, kita bisa menonton film hingga berkareoke bersama.

Di antara barang-barang elektronik retro yang sudah disebutkan, kira-kira mana yang dulu jadi favorit Sobat?

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X