27 May 2019

Cara Menemukan Ide Bisnis untuk Pemula

Banyak orang bermimpi untuk memiliki sebuah bisnis atau usaha. Namun kendala yang kerap dihadapi ialah kesulitan mendapatkan ide untuk memulainya. Tak perlu khawatir karena dalam artikel ini kita akan membahas cara menemukan ide bisnis dengan langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh siapa pun.

Pada dasarnya menemukan ide bisnis tidaklah sulit. Kebanyakan para pemula merasa hal ini adalah sesuatu yang menantang karena tidak mengetahui caranya untuk mendapatkan ide tersebut. Padahal kalau ditelaah dengan teliti, ide bisnis bisa datang dari mana-mana.

Cara menemukan ide bisnis

1.  Berangkat dari hobi

Mungkin terdengar klise, namun langkah pertama ini sangat ampuh untuk mendapatkan ide bisnis. Mulailah dengan melihat hal apa yang Sobat cintai. Misalnya, Sobat memiliki hobi fotografi yang sudah jelas bisa disulap menjadi sumber pendapatan.

Permasalahannya, Sobat mesti pintar-pintar mencari celah di dalam bidang yang sudah ramai pemainnya tersebut. Mungkin Sobat bisa memilih jadi pengajar kursus fotografi. Ketimbang mengambil jalur karir forografer pernikahan yang persaingannya lebih ketat.

2. Amati, tiru, modifikasi

Jika Sobat merasa tidak memiliki hobi yang bisa diubah menjadi bisnis, tak perlu khawatir. Karena masih ada langkah lain, yaitu menggunakan formula amati, tiru, modifikasi. Sobat bisa memulai tahap ini dengan mempelajari bisnis-bisnis yang sudah eksis terlebih dulu.

Kemudian mengadopsi hal-hal bernilai dari bisnis tersebut. Namun jangan lupa untuk menerapkan ciri khas khusus untuk produk atau layanan yang Sobat tawarkan agar tampil berbeda.

3. Berusaha menghadirkan solusi

Cara menemukan ide bisnis selanjutnya ialah dengan menawarkan solusi untuk masalah-masalah yang ada di keseharian kita. Sobat bisa mengidentifikasi permasalahan yang kerap dihadapi diri sendiri atau orang lain. Lebih hebat lagi jika Sobat bisa memikirkan solusi yang sifatnya jangka panjang atau dibutuhkan di masa depan.

4. Kreativitas adalah kunci

Sejatinya dalam menemukan ide bisnis diperlukan yang namannya kreativitas dan inspirasi. Maka tak ada salahnya lebih banyak melibatkan diri dengan hal-hal yang memancing kreativitas tersebut. Bisa dengan liburan, mengunjungi pameran-pameran seni, atau bergabung ke forum-forum kreatif.

5. Belajar dari pengalaman

Ide bisnis yang sukses bisa datang seiring dengan perjalanan Sobat menggeluti sebuah usaha. Jadi mulailah dulu apa yang kini Sobat bisa lakukan saat ini. Perlu diingat bahwa keberanian memulai usaha juga merupakan modal yang tak kalah penting untuk meraih sukses.

Setelah mengetahui cara menemukan ide bisnis seperti dijabarkan di atas, kini Sobat berani meraih sukses?

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X