31 Jul 2018

Gazan Azka Ghafara, Anak Muda Yang Sukses Berbisnis Keripik Pisang

Keripik pisang sudah dikenal sebagai jajanan favorit masyarakat. Tapi di tangan Gazan Azka Ghafara, keripik ini disulap menjadi peluang usaha dengan keuntungan luar biasa. Awalnya ide bisnis ini muncul ketika dirinya sedang melamun sambil makan keripik pisang cokelat khas Lampung. Dia bertanya kepada saudara dan sejumlah teman bahkan melakukan riset kecil-kecilan. Hasilnya keripik pisang Lampung ramai peminat namun keterjangkauannya belum tersedia. Dari titik inilah Gazan berniat membuat keripik pisang cokelat yang bisa didistribusikan ke seluruh Indonesia. Tahun 2013 ia mantap memulai bisnis Zanana Chips.

Produksi awal keripik pisang cokelat ini sebanyak 30 bungkus. Dari 30 bungkus yang terjual habis, uang hasil penjualan diputar lagi untuk membeli keripik pisang dari outsourcing, membumbuinya secara mandiri dan mengemasnya. Perputaran modal yang terus berkembang dari 30 bungkus menjadi 50 bungkus, 60 bungkus, 100 bungkus hingga kini mencapai 500-600 bungkus Zanana Chips per hari. Gazan sukses dengan meraih omzet hingga Rp 200 juta- 400 juta per bulan. Selain cokelat, varian rasa lain yang ditawarkan Zanana yaitu susu, green tea dan balado. Dikemas secara elegan dan dipasarkan lewat media sosial dengan gaya bisnis kekinian. Ramainya pemesanan Zanana Chips tidak lepas dari promosi gencar di media sosial. Dari hal ini Zanana menampakkan dirinya, sesekali memberdayakan selebgram untuk membantu promosi. Tidak hanya memiliki outlet resmi, Gazan juga memberdayakan reseller untuk memasarkan Zanana dan sampai saat ini reseller yang terdaftar sudah mencapi 600an orang yang tersebar di 70 kota se-Indonesia.

Kesuksesan yang dicapai oleh Gazan tak lepas dari kesehariannya membaca buku bisnis, ikut seminar, workshop dan training. Sebelelum merintis bisnis Zanana, Gazan sempat merintis dua bisnis sebelumnya tapi rugi hingga puluhan juta. Namun ia terus bangkit memperbaiki diri hingga sukses membangun binsis Zanana. Ke depan, Gazan ingin merambah ke dunia pasar ekspor ke Asia dan Eropa.

Untuk mengasah kemampuan entrepeneurnya, Gazan mengikuti kompetisi wirausaha Wismilak Diplomat Success Challenge 2016. Dari kompetisi itu ia berhasil menjadi pemenang utama Diplomat Success Challenge 2016 dan mendapatkan hibah modal usaha untuk membangun bisnisnya. Tidak hanya mendapatkan hibah modal usaha saja, Gazan juga mendapatkan penyuluhan bisnis hingga networking yang akan membuat bisnisnya semakin berkembang. Gazan berhasil menyisihkan 10 peserta atau challenger yang masuk babak final. Gazan dan semua pemenang mendapatkan bimbingan usaha dari Diplomat Entrepreneur Network yang khusus dibuat untuk wadah para alumni Diplomat Success Challenge untuk mendapatkan pengembangan bisnis dan networking.

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X