26 Mar 2019

Inspiring Success Story: Bob Sadino

Bob Sadino menjadi inspirasi banyak pengusaha muda untuk menjalani pilihannya. Wajar saja, karena ia bukan hanya meninggalkan bisnis yang sukses, melainkan juga pelajaran berharga bagi semua orang mengenai entrepreneurship.

Untuk lebih mengenal dirinya, Sobat perlu tahu bahwa Bob Sadino atau yang kerap disapa Om Bob merupakan pria kelahiran Tanjung Karang, Lampung 9 Maret 1933. Dirinya berpulang ke sisi yang Maha Kuasa pada 19 Januari 2015 silam di Jakarta.

Publik mengenal Bob Sadino sebagai pengusaha sukses yang memiliki bisnis swalayan Kem Chicks di bawah bendera PT Boga Carurrata. Bisnis tersebut kini dilanjutkan oleh putrinya yang bernama Mira Sudino. Bisnis lain yang juga dijalani Om Bob adalah ekspor sayur dan buah-buahan atas nama PT Kems Farm dan usaha di bidang properti.

Berbagai jenis usaha yang dimilikinya tersebut tak datang secara instan. Melainkan, Om Bob membangunnya dari awal. Semua bermula ketika dirinya kembali ke Tanah Air setelah sempat bekerja di Belanda untuk perusahaan Djakarta Lylod.

Ingin bekerja untuk dirinya sendiri, Bob Sadino meninggalkan pekerjaan sebagai karyawan Unilever pada 1955. Ia sempat mencoba berbagai jenis usaha, mulai dari antar jemput menggunakan mobil pribadinya sendiri hingga pekerja kasar. Pada masa-masa ini kegagalan sering menghampirinya, bahkan sampai-sampai membuatnya depresi.

Namun saat itu Bob Sadino punya “obatnya” yaitu memelihara ayam. Siapa sangka inilah pintu gerbangnya menuju kesuksesan. Bersama istrinya, ia berjualan telur ayam di sekitar tempat tinggalnya yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan. Konsumennya kebanyakan dari kalangan ekspatriat yang memang menetap di kawasan ini.

Ia tak takut mengambil peluang yang ada, meski belum sepenuhnya menguasai bidang tersebut. Hal ini membuat proses yang dijalaninya agak unik.

Kebanyakan perjalanan seseorang dimulai dari ilmu pengetahuan yang didapatnya di bangku pendidikan. Kemudian berlanjut ke tahap praktik hingga akhirnya menjadi seorang profesional. Namun, Bob Sadino yang hanya lulusan SMA melakukannya secara terbalik.

Hal ini justru membuatnya terbuka terhadap ilmu-ilmu baru. Misalnya, prinsip yang ia terapkan dalam menjalankan bisnis Kem Chicks. Bob Sadino begitu luwes dengan pelanggan. Mendengarkan segala masukan yang diberikan kepadanya. Dengan begitu ia berhasil mendapat simpati di mata konsumen.

Kepuasan pelanggan memiliki arti penting bagi dirinya. Bob Sadino akan merasa puas ketika pelanggan sudah terpuaskan.

Pelajaran lain dari dirinya juga mengenai pandangan terhadap para karyawan. Bob Sadino melihat perusahaan tak ubahnya seperti keluarga. Setiap individu di dalamnya harus saling menghargai tanpa meninggalkan kewajiban yang melekat pada perannya masing-masing.

Wah, memang gak ada habisnya kalau bahas bisnis Om Bob. Kisahnya inspiratif banget. Sobat juga punya peluang untuk mencapai kesuksesan seperti itu. Siap untuk meraihnya?

 

Image Source: https://4.bp.blogspot.com/-JljRrkawoog/UULmuE8EQyI/AAAAAAAAADA/RFE_y-sPxZk/s1600/Perjalanan-Hidup-Bob-Sadino.jpg

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X