19 Feb 2019

Jangan Cuma Mimpi, Ini Caranya Sukses di Usia Muda

Tak ada aturan yang mengatakan kapan waktunya kita harus mencapai kesuksesan. Namun, rasanya semua orang pasti ingin merasakan kesuksesan di usia muda, bukan? Masalahnya, kebanyakan orang hanya berani bermimpi.

Sukses di usia muda bukan mustahil didapat. Namun Sobat harus benar-benar fokus dalam menggapainya karena godaan akan banyak datang. Contohnya ketika menjelang akhir pekan, biasanya mulai datang ajakan untuk kongkow mengunjungi tempat-tempat yang lagi hits.

Bukannya tak boleh, tapi bila keinginan seperti ini terus diikuti maka Sobat akan mengeluarkan banyak uang hanya untuk bergaul. Padahal, dananya bisa dialokasikan untuk mewujudkan ide bisnis atau hal-hal lain yang lebih esensial.

Permasalahan lainnya adalah banyak salah paham akan arti sukses di usia muda. Memiliki mobil mewah atau rumah baru hanya secuil dari definisi sukses tersebut. Lebih penting lagi bila Sobat memiliki bisnis berkelanjutan yang nantinya dapat diwariskan ke anak cucu.

Jika Sobat sependapat, ini dia tips yang bisa kalian pertimbangkan untuk bisa sukses di usia muda.

1. Perlunya prioritas dan evaluasi tindakan

Tanyakan pada diri sendiri, pencapaian seperti apa yang nantinya bakal didapat dengan pekerjaan yang Sobat lakukan hari ini? Pastikan jawabannya sejalan dengan prioritas yang sudah Sobat tetapkan.

2. Berani keluar zona nyaman

Seorang entreprenuer sukses akan melakukan apapun demi mengembangkan bisnisnya, Walaupun hal tersebut mengharuskan keluar dari situasi nyaman. Dorong diri sendiri untuk selalu mencari pengalaman dan pengetahuan baru yang bisa meningkatkan kapasitasnya sebagai pengusaha.

3. Konsisten dan disiplin

Salah satu penentu kesuksesan di usia muda adalah kedisiplinan. Seberapa konsisten diri kita dalam berusaha. Untuk melatihnya bisa dengan membuat jadwal guna memaksimalkan produktifitas.

4. Memanfaatkan waktu muda

Sudah bukan rahasia lagi bila kebanyakan orang sukses mendapatkan pencapaiannya karena berani mengambil peluang, walaupun upayanya menyimpan risiko kegagalan. Untuk melakukan hal yang sama dengan percaya diri, ada waktu-waktu yang tepat, yaitu ketika masih muda.

Jika menemui kegagalan, maka kita masih memiliki banyak waktu untuk memperbaikinya. Lagi pula kegagalan bisa dilihat sebagai batu loncatan menuju kesuksesan yang sesungguhnya.

5. Menambah investasi

Dengan memiliki bisnis maka Sobat akan mendapatkan keuntungan. Pada titik ini Sobat akan menghadapi godaan membelanjakannya untuk barang-barang yang diinginkan.

Tapi pernahkah Sobat berpikir bahwa sebenarnya keuntungan tersebut bisa dipakai untuk investasi lagi? Misalnya, mengembangkan bisnis yang sudah dimiliki atau dengan cara memanfaatkan produk-produk investasi seperti emas, saham, reksadana, dan lain-lain.

Jangan hanya bermimpi, karena semua orang punya kesempatan yang sama untuk sukses. Bahkan, ketika masih di usia muda sekali pun. Sekarang giliran kalian yang mewujudkannya.

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X