19 Feb 2019

Koes Plus, Melintasi Zaman dengan Lirik Sederhana dan Kena Banget

Sobat yang termasuk generasi milenial bisa jadi belum pernah melihat langsung penampilan legenda musik Indonesia yang satu ini. Walau begitu, tak menutup kemungkinan sekali dua kali pernah mendengar lagunya. Hal itu karena lagu-lagu Koes Plus masih kerap terlantun melalui berbagai medium jauh dari masa rilisnya. Dengan begitu rasanya tak berlebihan jika melabeli Koes Plus sebagai grup band lintas zaman.

Sejarahnya, Koes Plus mulai besar pada awal 1970-an yang kemudian dikenal sebagai grup band yang mempopulerkan musik pop dan rock nroll di Tanah Air. Koes Plus sendiri terbentuk sebagai kelanjutan dari grup Koes Bersaudara. Salah satu tembang favorit yang pernah lahir saat band ini masih menggunakan nama tersebut ialah Bis Sekolah.

Walau pada masanya mungkin beberapa Sobat belum lahir, tapi pasti pernah mendengar lagunya yang punya lirik, “Bis sekolah yang ku tunggu, Ku tunggu tiada yang datang, Ku telah lelah berdiri, Berdiri menanti nanti…

Generasi milenial yang mengaku penggemar musik harus tahu nih formasi asli Koes Plus ketika awal berdiri. Koes Plus membawa keunikan para personelnya yang memiliki hubungan kakak beradik. Mereka di antaranya adalah John Koeswoyo (upright bass), Tonny Koeswoyo (lead guitar), Yon Koeswoyo (vokal, rhythm guitar), Yok Koeswoyo (vokal, bass guitar), dan Nomo Koeswoyo (drum).

Pada tahun 1968 -1969 terjadi pergantian sejumlah personel. Pada saat itu pula nama Koes Bersaudara berubah menjadi Koes Plus. Sepanjang karirnya di belantika musik dalam negeri, band ini terbilang produktif mengeluarkan album. Selama masih menggunakan nama Koes Bersaudara ada sebanyak 27 album yang keluar dan 133 album Koes Plus sejak 1969 (gabungan album orisinil dan kompilasi).

Sampai beberapa tahun ke belakang, Koes Plus dikabarkan masih kerap mengisi acara meski hanya Yon Koeswoyo yang aktif. Hingga pada akhirnya kabar duka datang atas meninggalnya musisi kelahiran Tuban, Jawa Timur tersebut pada 5 Januari 2018 di Pamulang, Tangeran Selatan.

Untuk lebih mengenal band ini, berikut rangkuman lima pilihan lagu hits Koes Plus dari berbagai tema yang relavan dengan kehidupan kita:

1. BujanganAlbum Koes Plus Volume 10 (1974)

Lagu-lagu Koes Plus terkenal dengan liriknya yang sederhana sehingga mudah dimengerti. Begitu juga dengan lagu Bujangan yang punya aliran pop. Liriknya menceritakan kehidupan seorang bujangan yang kesehariannya selalu diisi hati senang, meski tak punya uang.

2. Why Do You Love MeAlbum Koes Plus, Golden Hits Volume 1 (1979)

Bukan cuma dalam bahasa Indonesia, namun Koes Plus juga pernah menelurkan lagu dalam bahasa Inggris seperti Why Do You Love Me. Lirik yang kental akan nuansa romantis di dalam lagu ini diciptakan oleh Yon Koeswoyo. Bila suatu saat Sobat mendengarnya, jangan salah saya, lagu ini bukan dari band asing.

3. Kembali ke JakartaAlbum Dheg Dheg Plas (1969)

Kota Jakarta memiliki arti yang mendalam buat sebagian orang. Baik mereka yang merupakan warga asli atau bahkan pendatangan. Mungkin karena di kota ini mereka berjuang untuk menggapai suksesnya. Sampai-sampai Jakarta sudah seperti “rumah” untuk mereka yang merantau. Kesan tersebut bisa Sobat rasakan pada lagu hits ini yang masuk ke dalam album Dheg Dheg Plas.

4. DianaAlbum Koes Plus Volume 8 (1973)

Cinta menjadi tema yang bisa banyak ditemui pada lagu-lagu Koes Plus. Salah satunya pada lagu berjudul Diana. Dari liriknya Sobat bisa melihat kisah percintaan antara seorang lelaki dengan kembang desa. Tonny Koeswoyo sebagai pencipta lagunya menyebut perempuan tersebut adalah putri paman petani.

5. Kapan-kapanAlbum Koes Plus Volume 10 (1974)

Seperti kebanyakan lagu Koes Plus lainnya, lirik Kapan-kapan juga terbilang sederhana. Namun rasanya begitu tepat menggambarkan sebuah perpisahan. Tak aneh bila lagu ciptaan Tonny Koeswoyo ini kerap dinyanyikan pada acara atau momen perpisahan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Djarot Saiful Hidayat ketika mengakhiri masa baktinya sebagai gubernur DKI Jakarta.

Memilih lagu hits dari band sekelas Koes Plus adalah suatu yang sangat sulit karena jumlahnya ada ratusan. Sobat pribadi mungkin punya pilihan sendiri. Kira-kira apa lagu favorit Sobat dari Koes Plus? Ceritakan di kolom komentar.

Image Source: https://i.ytimg.com/vi/1wma-gc_7x0/maxresdefault.jpg

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X