01 Apr 2019

Kurniawan – Owner PT Banarsari Jaya, Anggota DPRD Kab Kebumen, dan Pecinta Komunitas Burung & Mancing

Sempat jadi Kernet Metromini, Kurniawan Sukses jadi Pengusaha dan Anggota Dewan

Bagaimana Kisah #suksesmu?

Tak ada mimpi yang terlalu besar untuk dikejar selama masih ada keyakinan dan kerja keras untuk mewujudkannya. Kurniawan salah satunya. Berasal dari keluarga sederhana, tidak lantas membuat Kurniawan berpangku tangan menerima nasib. Sebaliknya, dia melakukan berbagai upaya agar bisa mengubah derajat hidupnya.

Tahun 1991, Kurniawan yang asli Kebumen hijrah ke Jakarta. Tujuannya apalagi kalau bukan mendapat penghasilan yang layak. Tapi ternyata menaklukkan Ibu Kota tidak mudah. Dua tahun pertama, pria yang lahir pada 14 November 1971 itu menghabiskan hidupnya di jalan. Menjadi kernet Metromini, kemudian supir angkutan kota.

Di tahun ketiga, dia mencoba peruntungannya sebagai buruh pabrik. "Kehidupan itu saya jalani tiga tahun," ujarnya.

Namun merasa tidak ada perubahan berarti, Kurniawan memutuskan pulang kampung pada 1995. Segala jenis pekerjaan dia lakoni. Salah satunya menjadi supir angkot lagi hingga tahun 2001. Kenaikan harga BBM lah yang membuatnya berpikiran untuk alih profesi.

Dari situ pria yang termasuk tokoh dalam program Retrospection of Success yang diinisiasi Wismilak Diplomat mulai menekuni bidang retail pengadaan buku pelajaran sekolah. Usahanya berkembang dan merambah bidang lain yakni pengadaan jasa tenaga lewat PT Banarsari Jaya yang dia miliki.

Sifatnya yang ramah dan jujur membuat dia banyak disenangi oleh orang lain. Tak hanya sukses di usaha, Kurniawan pun juga sukses berkarir di dunia politik. Kini dia juga menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Kebumen.

”Program utama saya adalah bagaimana agar Kebumen bisa melaksanakan reformasi yang seutuhnya demi kesejahteraan rakyat,” kata ayah tiga anak itu.

Namun, meski sudah menjabat sebagai anggota dewan, tidak mengubah pribadi Kurniawan. Dia masih kerap ngumpul bersama masyarakat secara langsung. Salah satunya lewat komunitas yang dia dirikan. ”Saya membuat komunitas mancing, burung berkicau, dan burung dara. Selain bisa menyalurkan hobi, ini salah satu cara saya mendengar suara masyarakat secara langsung,” jelasnya.

Sukses bagi Kurniawan adalah ketika bisa mewujudkan mimpi yang bermanfaat bagi orang lain.

Terus bekerja keras, pantang mengeluh dan selalu berfikir positif mengantarkan Kurniawan membuka tangga kesuksesannya. Bagaimana kisah #suksesmu?

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X