18 Mar 2019

Lepas Status PNS, Sunarto Jadi Pengusaha Properti Sukses

Bagaimana Kisah #suksesmu?

Hidup kekurangan di masa kecil menjadi motivasi bagi Sunarto untuk terus bekerja dengan baik. Sebab, baginya hasil tidak akan mengkhianati usaha. Sunarto adalah seorang pengusaha properti dari Semarang. Di Ibu Kota Jawa Tengah itu, kini dia tengah membangun perumahan untuk kelas menengah.

Karir Sunarto di bidang properti sudah cukup panjang, lebih dari 14 tahun. Namun, sebelum terjun ke dunia bisnis, pria kelahiran Batang 19 Agustus 1960 itu adalah seorang PNS di Dinas Pertanian. Karir sebagai abdi negara dia jalani hingga 21 tahun lamanya. ”Tapi karena memang fokus ingin berbisnis, ya sudah saya mundur,” kata dia.

Properti dipilih Sunarto karena memiliki dampak langsung kepada masyarakat. Dia ingin menawarkan rumah yang bagus dan berkualitas namun dengan harga terjangkau. 

Dari hasil kerja kerasnya, alumni S1 dan S2 dari Universitas Gadjah Mada (UGM) itu sudah merasakan banyak hal. Di antaranya kebebasan finansial, waktu, dan keamanan. Sunarto merupakan salah seorang yang termasuk tokoh dalam program Retrospection of Success yang diinisiasi Wismilak Diplomat.

Selain sebagai pengusaha, ayah tiga anak itu juga aktif berperan sebagai motivator.

Ketika ditanya arti kesuksesan, Sunarto menjawab kesuksesan itu harus seimbang antara dunia dan akhirat. ”Kesuksesan di dunia itu bagaimana mencapai apa yang kita inginkan. Misalkan mempunyai rumah yang layak, mobil yang layak, deposito, serta segala kebebasan finansial. Sedangkan untuk akhirat saya, khususnya dunia batin, bagaimana mencapai ketentraman, ketenangan, kebahagiaan sehingga ini perlu ilmu-ilmu spiritual,” jelasnya.

Sunarto menunjukkan dengan bekerja keras mimpi bisa diraih. Kalau kamu, apa arti #suksesmu?

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X