26 Apr 2019

Lima Band Lokal Favorit Era 1990, Ada yang Jadi Idola Sobat?

Setiap era pasti memiliki jajaran grup band yang menjadi idola anak mudanya saat itu. Tanpa kecuali era 1990-an di Indonesia. Pada masa-masa tersebut grup band seperti Dewa 19, Base Jam, atau Sheila On 7 menjadi idola banyak anak muda.

Lagunya kerap menghiasi siaran radio di jam-jam primer. Sayangnya, begitu lagu lewat, kita harus menunggu entah berapa lama untuk bisa mendengarnya lagi. Dulu, cara paling mungkin untuk menikmati lagu band favorit setiap saat ya dengan membeli rilisan fisiknya berupa kaset.

Lain dulu, lain sekarang. Kini kita bisa dengan mudah mencari lagu kesukaan hanya bermodal aplikasi Spotify atau YouTube. Nah, buat Sobat yang pengin bernostalgia, kita lihat yuk lima band yang sangat berjaya pada era 1990-an dan lagu-lagu yang mengangkat nama mereka.

1. Base Jam

Base Jam terbentuk pada 15 Januari 1994 dengan formasi personel yang pernah mengisinya Adon Saptowo (vokal), Sigit Wardana (vokal), Adnil Faisal (gitar), Ardi “Aris” Isnandar (gitar), Bambang “BS” Sutanto (drum), Intan “Anya” Putri Werdiniadi (keyboard) dan Ardhini “Sita” Citrasari (bass).

Lagu Bukan Pujangga bisa dibilang adalah tembang yang melambungkan nama grup band ini. Walau ada beberapa judul lain yang sebenarnya tak kalah sedap di telinga, seperti Bermimpi, Jatuh Cinta, atau Angin. Buat Sobat yang ingin bernostalgia bisa mencari album The Best of Base Jam (2002) yang merangkum lagu-lagu terbaik dari band ini.

2. Sheila on 7

Mulai terbentuk pada 1996, Sheila on 7 diisi sekumpulan anak remaja asal Yogyakarta. Mereka datang dari beberapa sekolah di sana, namun disatukan dengan minat besar bermain musik. Sheila on 7 awalnya kerap manggung dengan membawakan lagu band luar negeri, seperti Oasis, U2, atau Bon Jovi.

Hingga akhirnya memiliki lagu sendiri. Album pertama mereka mengambil judul dari nama band itu sendiri. Rilis pada 1999, album pertama mereka cukup meledak di pasaran dengan lagu andalan berjudul Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki. Totalnya Sheila on 7 memiliki sebelas album hingga sekarang. Album berjudul Film Favorit (2018) adalah yang terbaru di antaranya.

3. Tipe-X

Tipe-X punya alasan khusus sehingga membuatnya masuk ke dalam daftar ini. Terbentuk pada 1995, grup band ini bisa dibilang punya andil dalam mempopulerkan genre ska ke telinga para penikmat musik tanah air. Kini Tipe-X masih eksis dengan formasi enam personel, yaitu Tresno Riadi (vokal), Micky (bass), Yoss (gitar), Arie Hardjo (drum), Billy (gitar), dan Anto (trombone).

Album pertama mereka Ska Phobia dirilis tahun 1999 dengan single Genit dan Angan. Mereka tercatat telah mengerluarkan sebanyak tujuh album. Album terbaru mereka berjudul Seven yang meluncur ke pasar pada 2012.

4. Dewa 19

Tak lengkap rasanya jika momen nostalgia era musik 1990-an tanpa menyebut nama Dewa 19. Kiprah grup band yang lahir di Surabaya pada 1986 ini sangat fenomenal. Bagaimana tidak, album pertama mereka saja yang berjudul Dewa 19 langsung mendapatkan penghargaan sebagai album terlaris pada 1993. Sedangkan, bandnya dinobatkan sebagai pendatang baru terbaik.

Ahmad Dhani menjadi motor dari grup band ini. Sementara itu, nama besar lainnya yang pernah mengisi formasinya antara lain Ari Lasso, Andra Junaidi, Once Mekel, Tyo Nugros, atau Yuke Sampurna. Selama berkarir sejak 1992 hingga 2007, Dewa 19 tercatat merilis sebanyak sebelas album. Album Bintang Lima yang mendarat ke pasar pada tahun 2000 menjadi yang paling laris di antaranya dengan penjualan menyentuh angka 1,7 juta copy.

5. Gigi

Gigi adalah grup band asal Bandung yang dibentuk oleh Armand Maulana dan Dewa Budjana. Grup band dengan aliran musik pop rock ini berdiri pada 1994 dengan diisi personel lainnya, seperti Aria Baron, Thomas Ramdhan, dan Ronald Fristianto.

Gigi terbilang sangat produktif dalam menelurkan karya. Total album yang mereka rilis mencapai 24 terhitung sejak tahun 1999 hingga 2017.

Nah, di antara semua bang yang sudah disebut, mana yang menjadi favorit Sobat? Punya kenangan seperti apa sih dengan lagu-lagunya?

Sumber gambar: https://www.sheilaon7.com/history?v=b718adec73e0

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X