19 Feb 2019

Menjaga Komunikasi jadi Kunci Sukses Iptu Daryoto

Bagaimana Kisah #suksesmu?

Definisi sukses menurut Daryoto adalah ketika cita-cita yang telah tercapai dapat digunakan untuk menebar manfaat kepada orang lain. Karena itu, ketika cita-citanya bergabung di institusi Kepolisian pada 1983/1984 silam terwujud, Daryoto muda sudah berjanji akan terus mengabdikan diri sebaik mungkin.

Setelah hampir 35 tahun berkarir, pria kelahiran Magelang 7 Juli 1962 itu tetap menikmati pekerjaannya sebagai polisi. Kini Daryoto yang berpangkat Iptu dipercaya mengemban amanah menjadi Panit Binmas Polsek Kraton Polresta Jogjakarta.

Banyak suka dan duka yang telah dia rasakan selama menjadi anggota Polri. ”Tapi yang saya ingat adalah yang suka-suka saja. Salah satunya bisa terus menambah sahabat dan saudara baru,” katanya.

Jabatan Panit Binmas Polsek memang mengharuskan Daryoto untuk terjun langsung dan bersosialisasi dengan masyarakat. Dari situ biasanya diketahui masalah apa yang tengah terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Kemampuan membangun komunikasi yang baik itu pula yang membuat Daryoto dicintai warga masyarakat. Pria yang termasuk tokoh dalam program Retrospection of Success yang diinisiasi Wismilak Diplomat itu juga selalu mengkampanyekan agar masyarakat bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. 

”Sehingga dari situ muncul kedisiplinan dan kesadaran diri untuk bisa tertib dalam hal lalu lintas, tidak melanggaran hukum, yang remaja tidak nakal dan terlibat perkelahian, serta tidak mengonsumsi miras dan narkoba,” jelas dia.

Selain sukses sebagai aparat negara, Daryoto juga sukses mendampingi istrinya, Endang mengurus usaha kuliner. Tentu itu dilakukannya setelah jam tugas selesai. Warung bernama Gudeg Bu Endang itu terletak di jalan Laksda Adi Sucipto Jogjakarta. 

Ada beberapa alasan bagi Daryoto mendukung usaha istrinya. Di antaranya adalah untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, serta membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Tercatat saat ini dia sudah memiliki empat orang karyawan. ”Saya selalu tanamkan kepada anak dan istri untuk selalu mencari rejeki halal. Salah satunya ya lewat berdagang makanan ini,” kata ayah dua anak dan kakek 4 cucu itu.

Kesuksesan menurut Daryoto hanya bisa diraih dengan menjaga komunikasi, keuletan, kerja keras, dan kejujuran. ”Kalau empat hal itu berkurang, rasanya akan ada yang tidak tenang dalam hidup ini,” jelas dia

Lantas kalau kamu apa kisah #suksesmu?

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X