27 May 2019

Menyulap Barang Bekas Menjadi Bisnis yang Menguntungkan

Peluang bisnis bisa datang dari mana saja. Tak terkecuali tumpukkan barang bekas yang kerap ditemui di sekitar tempat tinggal kita. Bermodalkan kejelian dan kreativitas, Sobat bisa mengubah barang-barang yang dirasa sudah tak berguna itu menjadi pemasukan tambahan.

Satu-satunya hal yang perlu Sobat lakukan untuk mendapatkan keuntungan dari situ ialah menjalani bisnis barang bekas. Bentuknya bisnisnya sendiri ada banyak banget. Sobat nanti tinggal pilih deh model usaha yang sesuai minat dan kondisi Sobat.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengubah barang bekas menjadi bisnis yang menggiurkan, Sobat bisa memilih cara-cara di bawah ini.

Cara-cara bisnis barang bekas

1. Membuat mall rongsok

Istilah mall rongsok belakangan mulai populer di telinga. Gampangnya, mall rongsok adalah kios penjual barang-barang bekas yang masih berfungsi dengan baik. Barang-barang yang dijual mulai dari perlengkapan elektronik hingga otomotif, namun tidak terbatas pada itu saja. Jika Sobat tertarik untuk mejalani bisnis ini maka mulailah mengumpulkan barang bekas yang memiliki potensi mendatangkan keuntungan saat dijual.

2Kreasi daur ulang

Sudah banyak contoh pengusaha yang berhasil meraih kesuksesan dari bisnis daur ulang barang bekas. Harus diakui cara yang kedua ini memang lebih menantang karena membutuhkan yang kreativitas. Namun Sobat harus yakin hal ini bukan mustahil untuk dipelajari. Sebagai inspirasi, Sobat bisa melihat beberapa contoh kreasi daur ulang barang bekas di bawah ini.

3. Daur uang plastik

Salah satu bisnis daur ulang barang bekas yang sering kita temui adalah kreasi limbah plastik. Prosesnya, sampah-sampah plastik tersebut dikumpulkan lalu diubah menjadi suatu hal yang memiliki nilai lebih, misalnya tas, dompet, dan sebagainya. Selain memanfaatkan peluang bisnis, dengan cara ini juga otomatis Sobat berkontribusi menekan peredaran jumlah sampah plastik yang dibuang begitu saja.

4. Bisnis kardus bekas

Percaya atau tidak Sobat bisa membuat banyak hal dari kardus bekas. Mulai dari tempat alat-alat make up, rak sepatu, pigura, atau mainan anak. Tak perlu pusing jika Sobat belum mengetahui caranya karena kini sudah bisa banyak ditemui tutorial DIY (Do It Yourself) yang beredar di internet.

5. Kreasi kayu bekas

Contoh lainnya adalah kreasi kayu bekas. Bukan cuma bisa dibakar, namun Sobat juga bisa mengubah kayu bekas menjadi ukiran yang menarik atau hiasan rumah lainnya.

Itu dia beberapa inspirasi yang bisa Sobat ambil untuk menjalani bisnis dari barang bekas. Selama ada niat, semuanya bukan mustahil untuk dilakukan. Maka lalukan demi menggapai suksesmu dari sekarang.

Ada masalah atau pertanyaan tentang proposal DSC | X?
HOTLINE DSC | X