04 Feb 2019

Niat Mengabdi, Nur Wakhid Sukses Pimpin Banser DIY

Bagaimana #suksesmu?

Berawal dari keinginan untuk mengabdi kepada agama dan masyarakat, Nur Wakhid memutuskan bergabung dengan Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser), yang merupakan badan otonom NU pada tahun 1990.

Tahap demi tahap pendidikan pengkaderan di Banser dia ikuti dengan tekun. Mulai dari Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) pada tahun 1994. Bersambung ke Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) di 1998. Hingga akhirnya dipercaya mengikuti Kursus Banser Pimpinan (Susbanpim) pada 2014 lalu.

”Mimpi saya hanya satu, bagaimana agar bisa bermanfaat dan bisa terus menjaga kerukunan yang sudah diwariskan oleh para pendahulu bangsa kita,” kata pria kelahiran 11 Februari 1971.

Berbagai macam tugas dan tantangan yang menghadang sukses dilewati oleh Nur Wakhid yang mengenyam pendidikan di MA Darussalam Pare, Kediri.

Kini, di tengah kesibukannya sebagai pengusaha di bidang pembuatan taman dan kolam, Nur Wakhid juga dipercaya menjabat sebagai Kepala Satuan Koordinator Wilayah (Kasatkorwil) Banser Daerah Istimewa Yogyakarta. Jabatan itu dia emban sejak 2017.

Sebagai Kasatkorwil, Nur Wahid membawahi setidaknya lebih dari 13 ribu anggota Banser. Tak hanya itu, dia juga mengkoordinir satuan tugas khusus Banser di Provinsi DIY seperti Banser Tanggap Bencana (Bagana), Banser Lalu Lintas (Balantas), Banser Pemadam Kebakaran (Balakar), serta Detasemen Khusus Asmaul Husna (Densus 99).

”Ini bukan tentang pencapaian pribadi, tetapi bagaimana Banser dapat terus berguna dalam kehidupan bermasyarakat,” tutur pria yang termasuk tokoh dalam program Retrospection of Success yang diinisiasi Wismilak Diplomat.

Satu hal yang menjadi komitmennya adalah terus mengawal persatuan dan kesatuan di Tanah Air. ”Bagi kami, NKRI adalah harga mati. Semangat yang terus bergelora ini merupakan salah satu pencapaian dan arti sukses yang sesungguhnya,” jelas Nur Wakhid yang mulai mengkader dua putranya menjadi anggota Banser juga.  

Loyalitas dan semangat pantang menyerah telah mengantarkan Nur Wakhid meraih sukses. Lantas, bagaimana dengan kisah #suksesmu?

Ada masalah atau pertanyaan tentang DSC | X?
HOTLINE DSC | X