31 Jul 2018

Ryan Ade Pratama : Sukses Jalankan Bisnis Dari Hobi

Hobi atau passion yang kita sukai bisa menjadi salah satu ide bisnis yang ingin kita jalankan. Sosok yang berhasil mengubah hobi menjadi bisnis adalah Ryan Ade Pratama. Pemuda lulusan Sastra Belanda di perguruan tinggi negeri ini terinspirasi oleh alat musik cajon yang dikenal luas oleh drumer Indonesia. Tapi sayangnya produsen cajon masih sedikit pada waktu itu dan juga harga cajon impor cukup mahal. Menyiasati hal itu, Ryan membuat dan terjun ke dalam bisnis cajon.

Cajon buatannya pada tahun 2010 dipakai untuk keperluan pribadi dan dijual kepada teman-teman komunitas drumer saja.

Tak disangka, cajon buatannya disambut baik oleh masyarakat sehingga Ryan membuat beberapa cajon untuk dipasarkan lebih luas. Tahun 2011 Ryan mulai memakai brand Koning Percussion untuk produk alat musik cajonnya. Keputusannya membangun bisnis alat musik cajon berbuah manis, banyak mitra bisnis yang mau menjalin kerjasama dengan Ryan.

Untuk mengembangkan sayap bisnisnya lebih lebar lagi, Ryan mencoba mengikuti kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge 2014. Dari kompetisi bisnis ini, ia berhasil mengalahkan 10 finalis atau challenger dan menjadi pemenang utama Diplomat Success Challenge 2014.

Ilmu dan Pengalaman, itu yang paling penting yang saya dapatkan dari Diplomat Success Challenge, mengajarkan saya untuk selalu bangkit dan tidak menyerah menghadapi persaingan bisnis” kata Ryan ketika ditanya hal yang didapatkan dalam Diplomat Success Challenge.

Market Challenge mengajarkan saya untuk berinteraksi dengan tim dengan karakter yang berbeda-beda, disitu saya banyak belajar bagaimana bekerjasama dengan tim untuk mencapai tujuan, pengalaman ini paling berkesan buat saya dan sangat penting dalam membangun bisnis kedepannya” ucap Ryan

Hingga saat ini Ryan dan semua pemenang mendapatkan bimbingan usaha dari Diplomat Entrepreneur Network yang khusus dibuat untuk wadah para alumni Diplomat Success Challenge untuk mendapatkan pengembangan bisnis dan networking.

Ada masalah atau pertanyaan tentang proposal DSC | X?
HOTLINE DSC | X